Informasi Transit KRL Commuter Line 2017 | Update 2018

Aplikasi KRL Jabodetabek

Daftar Stasiun Transit

Berikut ini nama stasiun-stasiun transit dan bagaimana pola transit yang ada di tiap stasiun bersangkutan:

Stasiun Manggarai

Peron jalur 1, 2 atau 4 untuk tujuan Bekasi / Cikarang / Tambun / Bekasi Timur / Cibitung (biasanya 4, jika mengantri atau disusul Kereta Api Jarak Jauh di jalur 1 atau 2). Peron jalur 1, 2, 3 atau 5 untuk tujuan Jakarta Kota lewat Juanda (biasanya 3 dari arah Bekasi atau 5 dari arah Depok /Bogor, jika mengantri atau disusul Kereta Api Jarak Jauh di jalur 1 atau 2). Peron jalur 6 tujuan Depok / Nambo / Bogor. Per tanggal 11 Agustus 2018 karena adanya pembangunan di Stasiun Manggarai, maka jalur 5 (lima), 8 (delapan) dan 10 (sepuluh) digunakan untuk tujuan Depok / Bogor / Nambo. Peron jalur 1, 2 atau 5 tujuan Sudirman/Tanah Abang (jalur 5 dari arah Bogor dan jalur 1, 2 atau 7 KRL Feeder tujuan Duri / Angke). Peron jalur 9 (sembilan) khusus untuk kereta bandara.

Stasiun Jatinegara

Peron jalur 1 (atau 3 jika mengantri ke Stasiun Cipinang) untuk tujuan Bekasi / Cikarang / Tambun / Cibitung / Bekasi Timur. Peron jalur 2 atau 3 untuk tujuan Jakarta Kota lewat Manggarai / Juanda. Per tanggal 5 September 2018, karena adanya pembangunan jalur 3 di Stasiun Jatinegara, maka KRL yang masuk jalur 2 hanya akan dibukakan pintu sebelah kiri (arah selatan) dari arah datangnya kereta jika dari Stasiun Cipinang/Klender. Jika ingin transit ke jalur 4 atau jalur 5 harap melalui arah depan (Barat) atau belakang (Timur) kereta. Peron jalur 4 atau 5 yang baru untuk tujuan Bogor/Depok lewat Pasar Senen/ Tanah Abang.

Stasiun Tanah Abang

Peron jalur 2 untuk tujuan Duri / Kampung Bandan / Jatinegara. Peron jalur 3 untuk tujuan Bogor atau feeder hanya sampai Manggarai (pastikan kamu tidak salah jurusan). Peron jalur 5 dan 6 untuk tujuan Maja / Parung panjang / Serpong / Rangkasbitung. Gunakan tangga untuk menyebrang / berpindah peron.

Stasiun Duri

Peron jalur 1 untuk tujuan Kampung Bandan / Jatinegara. Peron jalur 2 untuk tujuan Bogor (pastikan Anda tidak salah naik). Peron jalur 3 atau 4 untuk tujuan Tangerang (biasanya di jalur 3 jika tidak terjadi antrian).Peron jalur 3 atau 4 hanya sampai Stasiun Manggarai (biasanya di jalur 4 jika tidak terjadi antrian).

Stasiun Jakarta Kota

Peron jalur 9, 10, 11 atau 12 untuk tujuan Bekasi / Cikarang atau Bogor (normalnya jalur 10 tujuan Bekasi sedangkan jalur 11 atau 12 untuk tujuan Depok/Bogor, pastikan kamu tidak salah jurusan kuliah). Jalur 3 atau 4 untuk KRL EJEK tujuan Manggarai/Kampung Bandan biasanya menunggu di jalur 4. Peron jalur 9 untuk Tanjung Priuk / Ancol.

Stasiun Kampung Bandan

Peron jalur 1 untuk tujuan Bogor. Jalur 2 untuk tujuan Jatinegara. Jalur 3 atau 4 (jalur atas) untuk tujuan Jakarta Kota. Jalur 5 (jalur atas) untuk tujuan Tanjung Priok. Gunakan tangga penyebrangan ketika akan transit.

Stasiun Citayam

Peron jalur 1 untuk tujuan Manggarai (Jakarta Kota / Tanah Abang / Duri / Kampung Bandan / Jatinegara). Jalur 2 untuk tujuan Bogor. Jalur 3 untuk tujuan Nambo.

Stasiun Pasar Senen

Saat ini Stasiun Pasar Senen hanya melayani naik-turun penumpang untuk KRL dari arah Stasiun Jatinegara. Jika Anda ingin menuju Kemayoran / Kampung Bandan / Duri / Depok / Bogor silakan menunggu di peron jalur 6. Jika Anda ingin menuju Jatinegara / Bekasi silakan menunggu di peron jalur 6, turun di Kemayoran lalu melanjutkan naik KRL yang ke arah Jatinegara di peron jalur 1. Jika Anda berasal dari arah Kemayoran, silakan turun di Gang Sentiong lalu melanjutkan ke arah Pasar Senen di peron jalur 2 Stasiun Gang Sentiong.

Stasiun Gambir

Saat ini Stasiun Gambir tidak melayani naik-turun penumpang KRL. Jika Anda ingin ke Stasiun Gambir, disarankan untuk turun di Stasiun Gondangdia atau Stasiun Juanda. Sangat direkomendasikan turun di Stasiun Gondangdia.

Pola Perkiraan Transit Lainnya

Jika Anda masih kebingungan dengan stasiun-stasiun transit tersebut, berikut kami sampaikan bagaimana pola transit berdasarkan rute/jalur yang ada di KRL Commuter Line Jabodetabek. Sebelum Anda membaca penjelasan berikut sebaiknya Anda telah melihat dan mengerti dengan Peta Rute KRL Commuter Line Jabodetabek.

Bogor-Jakarta Kota

Jika Anda ingin ke Stasiun Nambo, silakan turun di Stasiun Citayam menunggu kereta di jalur 3. Jika ingin transit ke arah Bekasi / Jatinegara, silakan turun di Stasiun Manggarai menunggu kereta di peron jalur 4 atau jalur 1 / jalur 2 (normal di jalur 4). Jika ingin transit ke arah Sudirman/Tanah Abang ( termasuk stasiun Serpong / Parung Panjang /Rangkasbitung) / Duri (Grogol/ Pesing / Taman Kota /Tangerang) silahkan transit di Stasiun Manggarai menunggu kereta di peron jalur 5 (pastikan jurusan Jatinegara) atau jalur 7 (pastikan jurusan Duri lewat Tanah Abang).

Bogor-Jatinegara

Jika Anda ingin ke Stasiun Nambo, silakan turun di Stasiun Citayam menunggu kereta di jalur 3. Jika ingin transit ke arah Bekasi, silakan turun di Stasiun Manggarai menunggu kereta di peron jalur 4 atau jalur 1 / jalur 2 (normal di jalur 4). Jika ingin ke Jatinegara lebih cepat sebaiknya turun di Manggarai dan naik kereta arah Bekasi. Jika ingin transit ke arah Juanda / Jakarta Kota silahkan transit di Stasiun Manggarai menunggu kereta di peron jalur 5 atau jalur 3 /jalur 1 (dari arah Bekasi) pastikan jurusan Jakarta Kota.

Cikarang - Bekasi - Jakarta Kota

Jika ingin transit ke arah Pasar Senen/ Kemayoran silahkan transit di Stasiun Jatinegara menunggu kereta di peron jalur 4 atau 5. Per tanggal 1 April 2017, terdapat rute Bekasi - Jakarta Kota lewat Stasiun Pasar Senen sebanyak 4 jadwal (05.38, 08.21 ,12.48, dan 15.14). Jika ingin transit ke arah Karet / Sudirman/Tanah Abang ( termasuk stasiun Serpong / Parung Panjang /Rangkasbitung) / Duri (Grogol/ Pesing / Taman Kota /Tangerang)silahkan transit di Stasiun Manggarai menunggu kereta di peron jalur 5 (pastikan jurusan Jatinegara) atau jalur 1 / jalur 2 (pastikan jurusan Duri lewat Tanah Abang). Jika ingin transit ke arah Depok/ Nambo / Bogor silahkan transit di peron jalur 6 atau 7 (biasanya di jalur 6). Khusus untuk tujuan Nambo yang terakhir berangkat dari Stasiun Depok pukul 19.28 dari Stasiun Depok (harap sesuaikan kondisi Anda).

Tangerang - Duri

Jika ingin transit ke arah Pasar Senen (tidak berhenti) / Kemayoran / Kampung Bandan (Ancol / Tanjung Priuk / Jakarta Kota) / Jatinegara (Bekasi) silahkan transit di Stasiun Duri menunggu kereta di peron jalur 1. Jika ingin transit ke arah Sudirman/Tanah Abang (Serpong / Rangkasbitung) /Manggarai (Bekasi / Jakarta Kota) / Depok / Bogor / Nambo silahkan transit di Stasiun Duri menunggu kereta di peron jalur 2 atau 3 (pastikan jurusan Bogor atau jurusan Manggarai).

Maja / Parung panjang / Serpong / Rangkas Bitung -Tanah Abang

Jika ingin transit ke arah Duri (Rawa Buaya /Tangerang) / Kampung Bandan (Tanjung Priuk / Jakarta Kota) / Pasar Senen (tidak berhenti) / Jatinegara (Klender / Bekasi) silahkan transit di Stasiun Tanah Abang menunggu kereta di peron jalur 2 (pastikan jurusan Jatinegara). Jika ingin transit ke arah Sudirman / Manggarai / Bogor / Nambo silahkan transit di Stasiun Tanah Abang menunggu kereta di peron jalur 3 (pastikan jurusan Bogor atau jurusan Manggarai).

Tanjung Priok - Jakarta Kota

Jika ingin transit ke arah Bogor / Duri (Tangerang) / Tanah Abang (Serpong /Rangkasbitung) / Manggarai, silakan transit di Kampung Bandan di jalur 1. Jika ingin transit ke arah Pasar Senen (tidak berhenti) / Jatinegara, silakan transit di Kampung Bandan di jalur 2. Jika ingin transit ke arah Bogor / Juanda / Manggarai, silakan transit di Jakarta Kota di jalur 11 atau 12. Jika ingin transit ke arah Bekasi / Juanda / Manggarai / Jatinegara, silakan transit di Jakarta Kota di jalur 9 atau 10.

Apa itu Transit KRL?

Banyak pengunjung yang mengunjungi halaman panduan transit KRL dengan kata kunci pencarian "Transit KRL itu apa?", "Apakah saat Transit KRL bayar lagi?" atau "Bagaimana cara Transit KRL?". Oleh karena itu, kami akan sedikit menjelaskan konsep dasar dari Transit KRL. Jadi, secara sederhana transit KRL itu adalah proses perhentian (sementara) / perpindahan dengan tujuan untuk mengganti KRL (kereta). Mengapa transit KRL itu diperlukan? Alasan perlunya transit KRL dikarenakan operator KRL (PT Kereta Commuter Indonesia) tidak menyediakan seluruh rute KRL antar Stasiun Terminus (stasiun perjalanan awal/akhir). Saat ini hanya ada 6 rute besar dalam rute KRL yang dapat Anda lihat di Peta KRL, sehingga Anda sebagai penumpang KRL perlu melakukan transit KRL agar dapat mencapai tujuan akhir dari Stasiun akhir perjalanan Anda.
Pertanyaan selanjutnya, perlukah membayar lagi ketika melakukan transit KRL? Perlu diketahui selama Anda tidak keluar dari Stasiun Transit (dalam hal ini menempelkan kartu/tiket ke gate keluar), Anda tidak perlu membayar lagi tarif atau dengan kata lain proses transit KRL ini tidak dikenakan biaya perjalanan tambahan. Jika Anda menggunakan kartu THB (Tiket Harian Berjaminan), uang jaminan tetap akan dikembalikan. Jika Anda menggunakan Kartu Multi Trip atau Kartu Bank (Flazz BCA, eMoney Mandiri, BNI Tap Cash atau BRIZZI), saldo yang terpotong sesuai dengan tarif perjalanan, tidak ada biaya transit.