Tarif KRL Peta KRL Cara Transit Jadwal Info Covid19 (Corona)

Tarif KRL Commuter Line 2016

Aplikasi Pencari Tarif KRL Jabodetabek

Warning! Aturan naik KRL dalam masa pandemik Corona (COVID19)


Dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona di KRL Commuter Line, PT KCI menghimbau setiap penumpang agar selalu menggunakan masker/face shield selama di dalam kereta & di area stasiun, tidak meludah sembarangan, bersihkan tangan menggunakan sabun+air mengalir/hand sanitizer, dan jangan menyentuh wajah saat tangan Anda kotor.

Mulai 13 Juli 2020, Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang tidak ada layanan pembelian maupun isi ulang THB {Tiket Harian Berjaminan}.

Upayakan selalu menjaga jarak (Physical Distancing) dan tidak saling berhadapan antar penumpang, baik di area peron maupun di dalam KRL. Jika kereta tampak padat disarankan untuk menggunakan kereta pemberangkatan selanjutnya. Di dalam kereta kursi panjang hanya boleh diduduki maksimal 4 orang sedangkan kursi pendek/kursi prioritas hanya boleh diduduki maksimal 2 orang. Di dalam kereta diharapkan untuk mengikuti markah yang ada atau arahan petugas.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi seluruh penumpang KRL untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). Bagi penumpang yang memiliki suhu badan tinggi akan dilarang naik KRL. Harap atur kembali jadwal perjalanan Anda untuk mengurangi antrean penumpang di beberapa stasiun.

PT Kereta Commuter Indonesia akan menerapkan aturan tambahan yang dimulai pada 8 Juni 2020 sebagai antisipasi jelang kenormalan baru atau new normal. Anak di bawah usia lima tahun (balita) dilarang untuk menggunakan naik KRL. Kelompok lansia/lanjut usia (60 tahun ke atas) diatur untuk menggunakan KRL hanya pada waktu-waktu di luar jam sibuk pukul 10.00 – 14.00 WIB.
Jika ada kepentingan yang amat sangat mendesak sekali bagi balita maupun lansia seperti perawatan medis rutin ke Rumah Sakit, maka dapat berkomunikasi dan menjelaskan keperluan tersebut kepada petugas di stasiun.

Bagi penumpang (terutama pedagang) yang membawa barang berdimensi besar hanya diperkenankan menggunakan KRL pada pemberangkatan pertama dan di luar jam sibuk pukul 10.00 – 14.00 WIB.

Per 8 Juni 2020, seluruh penumpang di dalam KRL DILARANG BERBICARA, baik langsung maupun melalui telepon genggam.

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan & berada di dalam stasiun, Anda dapat mengunjungi Posko Kesehatan yang tersedia di 30 stasiun.

Tarif KRL JAKARTA KOTA - TANJUNG BARAT

Tarif KRL dari Stasiun JAKARTA KOTA menuju ke Stasiun TANJUNG BARAT memerlukan biaya/ongkos sebesar Rp 3.000,-

Apabila Anda ingin mengetahui jadwal dari Stasiun JAKARTA KOTA menuju TANJUNG BARAT, silakan download JADWAL KRL GAPEKA 2019 (update 2020 PDF)



Untuk mengakses rute/peta perjalanan KRL Jabodetabek [JAKARTA KOTA - TANJUNG BARAT], Anda bisa akses di menu PETA RUTE JAKARTA KOTA - TANJUNG BARAT

Jika Anda bingung ketika melihat rute, Anda bisa mengetahui bagaimana cara transit dari JAKARTA KOTA ke TANJUNG BARAT di menu CARA TRANSIT JAKARTA KOTA ke TANJUNG BARAT

Berapa jarak antara Stasiun JAKARTA KOTA menuju ke Stasiun TANJUNG BARAT? Jarak yang harus ditempuh adalah 21.509 meter

Per tanggal 5 September 2018, KRL yang masuk di jalur 2 Stasiun Jatinegara hanya akan dibukakan pintu sebelah kiri (arah selatan) dari arah datangnya kereta jika dari Stasiun Cipinang/Klender.
Jika ingin transit ke jalur 4 atau jalur 5 harap melalui arah depan (Barat) atau belakang (Timur) kereta.- Tokopedia Promo


Pengoperasian Stasiun yang telah direvitalisasi di lintas Bekasi-Cikarang
Stasiun Cakung beroperasi sejak 9 Oktober 2018
Stasiun Klender (lama) beroperasi sejak 26 Oktober 2018
Stasiun Buaran berpindah ke lokasi bangunan baru (sekitar 500 meter dari bangunan lama Stasiun Buaran) sejak 9 November 2018
Stasiun Klender Baru akan beroperasi mulai 28 November 2018
Stasiun Kranji dioperasikan buka pintu sebelah kiri untuk kereta dari arah Stasiun Bekasi mulai 8 Januari 2019

#RekanCommuters Guna revitalisasi Stasiun Manggarai untuk jalur 10 sementara ditutup demi keamanan dan keselamatan pengguna KRL, mulai 23 Januari 2019 untuk KRL tujuan Bogor/Nambo silakan menunggu di peron jalur 4, 5 dan 8 atau menunggu informasi Announcer Stasiun. Untuk masa revitalisasi Stasiun Manggarai akan dilakukan selama ± 45 hari pengerjaan.



Untuk mengetahui KA Bandara Anda dapat mengeceknya di JADWAL KA Bandara Soekarno-Hatta 2017 (PDF).
Jadwal operasi per tanggal 26 Desember 2017 dan hanya melayani Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Soekarno-Hatta International Airport (SHIA).
Per tanggal 19 Juni 2018 KA Bandara sudah beroperasi melayani perjalanan dari Stasiun Bekasi maupun ke Stasiun Bekasi



(*) Tarif belum termasuk harga pembelian kartu


#KCINews Mulai tanggal 21 Juli 2018 KMT lama dengan Nomor Seri 1001 tidak dapat di gunakan lagi untuk perjalanan KRL, silakan dapat melakukan penggantian KMT lama menjadi KMT baru (FeliCa) GRATIS di loket Stasiun KRL.
[Update termasuk Kartu 8 digit awal 1003 0915 atau kartu tanpa tulisan Powered by FeliCa di depannya juga harus ditukarkan]


#RekanCommuters dg semakin banyaknya pengguna KMT & sbg dukungan utk mewujudkan program cashless society dari pemerintah, maka mulai 1 Agustus 2019 lima stasiun (Sudirman, Palmerah, Cikini, Taman Kota, & Univ. Indonesia) hanya menerima transaksi dg KMT & kartu keluaran bank.

Artikel pilihan:Total pengunjung hari ini tanggal Senin, 13 Juli 2020: 31361 orang



      
Summary
Author
SG
ORG
AKATEL
Review Date
Reviewed Item
Tarif KRL Stasiun JAKARTA KOTA ke Stasiun TANJUNG BARAT
Author Rating
4
⭐⭐⭐⭐⭐











Cari Tarif KRL :


Stasiun Awal:

Stasiun Tujuan :


INFORMASI JADWAL KRL GAPEKA 2017

~ [Per tanggal 1 Oktober 2016 tarif KRL akan mengalami kenaikan sebesar Rp 1.000,- (seribu rupiah) untuk semua relasi]

📝 Info KRL: Selama Pembaharuan dan Pemeliharaan Sistem E-Ticketing Masih Berlangsung, Pengguna KRL Dihimbau Menyiapkan Waktu Lebih Untuk Menggunakan KRL.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh pengguna KRL selama masa pembaharuan dan pemeliharaan sistem tiket elektronik. Permintaan maaf khususnya kami sampaikan kepada para pelanggan setia kami, pemilik Kartu Multi Trip (KMT) maupun kartu uang elektronik dari bank yang tetap perlu melakukan transaksi tiket pada loket sebelum menggunakan jasa KRL selama masa pemeliharaan berlangsung.

Sebagaimana diketahui, sistem tiket elektronik KRL telah berjalan sejak Juli 2013 atau lima tahun yang lalu. Pembaharuan dan pemeliharaan sistem dalam skala keseluruhan yang berlangsung saat ini tidak dapat dihindari untuk menjaga keandalan sistem ini di masa yang akan datang.

Pembaharuan sistem dan pemeliharaan dilakukan sejak Sabtu 21 Juli 2018. Sebagai bentuk mitigasi jika proses pembaharuan masih membutuhkan waktu maka untuk kelancaran mobilitas pengguna KRL pada Senin 23 Juli 2018 transaksi tiket KRL akan menggunakan tiket kertas yang diberlakukan di 79 stasiun KRL dimulai dari perjalanan kereta pertama hingga kereta terakhir.

Tiket kertas dijual seharga Rp 3.000 ke semua stasiun tujuan. Untuk mempercepat proses transaksi pengguna jasa dihimbau untuk menyiapkan uang tunai sesuai tarif tiket kertas. Prosedur pembeliannya, pengguna dapat mengantri di loket maupun pada petugas di luar loket yang melayani pembelian tiket kertas ini. Satu tiket kertas hanya dapat digunakan oleh satu orang pengguna untuk satu kali perjalanan KRL. Di stasiun awal, tiket kertas perlu diperlihatkan kepada petugas untuk ditandai bahwa tiket tersebut telah terpakai dan selanjutnya disimpan oleh pengguna jasa sebagai tanda bukti perjalanan.

Untuk kenyamanan bersama PT KCI menghimbau pengguna jasa untuk merencanakan kembali waktu perjalanannya.

PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Saat ini seluruh petugas telah dikerahkan untuk mendukung pembaharuan sistem sekaligus membantu layanan kepada para pengguna KRL.

Mulai dari 1 - 25 km tarif yang dibayarkan adalah sebesar Rp 3.000 (tiga ribu rupiah).
Pertambahan tiap 1-10 km adalah sebesar Rp 1.000 (seribu rupiah).

Mulai dari 1 km (satu kilometer) sampai 25 km (dua puluh lima kilometer) pertama dengan tarif Rp 5.000 (lima ribu rupiah). Karena adanya PSO dari Kementerian Perhubungan, penumpang hanya membayar Rp 2.000 (dua ribu rupiah).

Perhitungan tarif progresif dihitung berdasarkan pertambahan jarak, mulai dari 1 km selanjutnya hingga per 10 km (sepuluh kilometer), penumpang harus membayar tambahan tarif Rp1.000 (seribu rupiah). Hal ini juga berlaku dengan kelipatan seterusnya.

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) sejak 1 April 2017 telah memberlakukan jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2017 yang sebelumnya telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. GAPEKA 2017 menggantikan GAPEKA tahun 2015 yang selama ini menjadi dasar penyusunan jadwal Kereta Api Jarak Jauh, termasuk KRL. Pada tanggal 1 April 2017 PT KCJ secara bertahap akan mengoperasikan 898 perjalanan KRL per hari. Jumlah tersebut bertambah dibanding saat ini, dimana setiap harinya beroperasi 886 perjalanan KRL.

Penambahan perjalanan paling banyak terdapat di lintas Tanah Abang ~ Serpong/Parung Panjang/ Maja/ Rangkasbitung PP, sejalan dengan perpanjangan relasi KRL hingga Rangkasbitung yang akan menggantikan slot perjalanan Kereta Api Lokal. Jumlah perjalanan KRL di lintas ini akan mencapai 186 perjalanan setiap harinya, sementara sebelumnya hanya ada 151 perjalanan.

Jumlah perjalanan KA di Lintas Bogor/ Depok ~ Jakarta Kota PP dan Bogor/ Nambo/ Depok ~ Jatinegara PP juga akan bertambah. Di tanggal 1 April para pengguna KRL di lintas tersebut akan dilayani oleh 409 perjalanan kereta. Bertambahnya perjalanan terutama di lintas Bogor Nambo Depok ~ Jatinegara PP adalah solusi untuk menggantikan sebagian perjalanan KRL feeder relasi Manggarai ~ Duri yang slot perjalanannya harus mulai berbagi dengan rencana beroperasinya KA Bandara Soekarno Hatta mulai tahun 2017 ini.

Pembagian slot juga terjadi di lintas Duri ~ Tangerang PP. Jarak waktu kedatangan antar kereta (headway) di stasiun pada lintas ini akan menjadi sekitar 30 menit, hal tersebut dilakukan untuk memberi ruang bagi persiapan beroperasinya KA Bandara sesuai ketetapan pada Gapeka 2017.

PT KCJ juga menghimbau para pengguna di lintas Duri ~ Tangerang untuk sementara agar menghindari turun naik di Stasiun Duri mengingat adanya proyek pembangunan Stasiun yang membuat luas peron berkurang. Para pengguna dapat turun naik KRL melalui stasiun alternatif terdekat yakni Stasiun Grogol.

Sementara itu di lintas Bekasi ~ Jakarta Kota PP, jumlah perjalanan KRL tidak banyak berbeda dengan yang ada sekarang. Mulai 1 April mendatang, para pengguna akan dilayani oleh 154 perjalanan KRL setiap harinya. Perbedaannya adalah, kini terdapat pilihan rute lain bagi pengguna di lintas ini yaitu Bekasi ~ Jakarta Kota PP melalui jalur Pondok Jati ~ Pasar Senen ~ Kampung Bandan. Dari 154 perjalanan per hari, ada delapan perjalanan yang melalui rute Bekasi ~ Jakarta Kota melalui Stasiun Pasar Senen.

Penyusunan GAPEKA 2017 ini telah berlangsung cukup lama, dengan memerhatikan berbagai masukan, utamanya adalah saran dari para pengguna. Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila berharap dengan memberlakukan jadwal baru berdasarkan GAPEKA 2017, para pengguna KRL dapat lebih terakomodir kebutuhannya.

Untuk menyesuaikan waktu perjalanan dengan jadwal baru dan besaran tarif sesuai tujuan penumpang, maka para pengguna dapat melihat seluruh jadwal KRL melalui aplikasi KRL Access yang dapat diunduh melalui Android dan iOs. Selain aplikasi, jadwal baru juga dapat dilihat melalui website www.krl.co.id dan sejumlah media informasi yang telah tersedia di stasiun KRL Jabodetabek.

Penambahan kapasitas angkut juga akan dilakukan PT KCJ melalui program pengoperasian KRL dengan formasi 12 dan 10 kereta yang lebih banyak pada tahun 2017 ini.



Informasi dan Ketentuan Penggunaan Kartu KRL

Tiket harian berjaminan (THB)

Karena penerapan tiket single trip mengakibatkan banyaknya kejadian tiket perjalanan single trip hilang, pada tanggal 11 Agustus 2013 KCJ menerapkan sistem ticketing pengganti sistem single trip untuk penumpang KRL tanpa berlangganan. Penghitungan tarif sesuai dengan skema tarif perjalanan single trip, namun penumpang diharuskan untuk membayar uang jaminan untuk THB. Uang jaminan dapat diambil kembali di stasiun hingga jangka waktu maksimal 7 hari atau ditukarkan kembali dengan THB baru dengan membayar tarif untuk perjalanan selanjutnya. Uang jaminan kartu akan hangus jika melewati 7 hari atau tidak gate in / gate out dengan benar.
Harga Kartu: Rp 10.000 (tarif jaminan kartu) - Kartu tidak dapat direfund jika tarif di kartu kurang (turun di stasiun yang lebih jauh).
Per tanggal 8 Januari 2018 menerapkan sistem fare adjustment. Fare adjustment adalah mekanisme penyelarasan tarif KRL. Mekanisme ini akan menghilangkan denda yang terjadi, jika penumpang turun lebih jauh dari stasiun tujuan pada Kartu KRL. Dengan mekanisme fare adjustment penumpang yang turun lebih jauh dari stasiun tujuan pada Kartu KRL hanya perlu membayar selisih tarif perjalanan pada vending machine fare adjustment (mesin penyelaras tarif tidak menerima kembalian) atau di loket sesuai dengan arahan petugas.

Kartu Multi Trip (KMT)

Selain tiket harian berjaminan, penumpang dapat menggunakan Tiket Berlangganan (abonemen\abodemen) atau Kartu Multi Trip (KMT). Kartu Multi Trip adalah kartu prabayar isi ulang yang dapat digunakan penumpang sebagai tiket KRL dengan ketentuan saldo minimum. Kartu tersebut hanya bisa digunakan untuk naik KRL saja dan dapat diisi ulang di seluruh stasiun KRL di Jabodetabek. Pake KMT tinggal TAP and GO. Per tanggal 8 Januari 2018 saldo minimum menjadi Rp 5.000,- Jika perjalanan penumpang melebihi tarif minimum Rp 5.000, maka penumpang dapat melakukan top up di vending machine fare adjustment atau di loket dua arah.
Harga Kartu: Rp 50.000, saldo Rp 30.000 - Kartu tidak dapat direfund, hanya saldo yang dapat direfund.

Kartu Prabayar (Kartu Bank)

Sejak 8 Desember 2013, kartu Flazz BCA sudah dapat digunakan di Commuter Line, dan sejak tanggal 16 Juni 2014, kartu Mandiri E-Money, Brizzi, BRI, dan BNI TapCash juga sudah dapat digunakan di Commuter Line. Cara penggunaan kartu tersebut sama halnya dengan cara penggunaan Kartu Multi Trip, akan tetapi keempat kartu tersebut tidak dapat dibeli dan diisi ulang di seluruh stasiun KRL di Jabodetabek, melainkan di merchant-merchant terkait, seperti Indomaret, 7-Eleven, dan seluruh halte bus Transjakarta (tunai). Pengisian dapat dilakukan secara tunai maupun dengan kartu ATM bank terkait. Beberapa stasiun KRL juga telah melayani pengisian ulang keempat kartu tersebut, seperti Sudirman dan Juanda, tetapi tidak bisa secara tunai dan harus menggunakan kartu ATM bank terkait (kartu debit maupun kredit). Keempat kartu tersebut juga dapat digunakan sebagai tiket Transjakarta Busway.
Harga Kartu: Rp 40.000, saldo Rp 20.000 | Saldo minimum Rp 13.000 (disarankan)

Uang Elektronik Link Aja

Per 1 Oktober 2019 terdapat uji coba penggunaan uang elektronik LinkAja (sebelumnya bernama TCASH atau Telkomsel Cash, semacam dompet digital). Penggunaanya cukup mudah. Sebelum masuk gate, buka aplikasi LinkAja dan goyangkan (shake) untuk mendapat barcode (QR Code). Arahkan layar smartphone yang telah menampilkan barcode ke scanner di gate. Jika berhasil, lampu di atas gate akan berwarna hijau, tanda penumpang sudah bisa masuk. Saldo LinkAJa penumpang akan terpotong Rp 13.000, pastikan saldo di aplikasi LinkAja cukup. Untuk keluar sama seperti masuk. Buka aplikasi LinkAja dan goyangkan (shake) untuk mendapat barcode (QR Code). Arahkan layar smartphone yang telah menampilkan barcode ke scanner di gate. Jika berhasil, lampu di atas gate akan berwarna hijau, tanda penumpang sudah bisa keluar Saldo LinkAJa penumpang akan kembali, setelah dipotong tarif perjalanan KRL.

Kata Justin:"Menunggu kereta sekarang lebih menyenangkan semenjak kamu ada di stasiun dan kamu.. wanita yang masih belum aku tahu siapa. Kamu tahu.. setiap harinya juga nyaliku langsung hilang begitu saja, ketika aku berdiri di dekat kamu. Hai kamu... wanita di peron empat Stasiun Manggarai, beri aku senyum agar nyaliku menguat dan besok kita sudah saling bicara tentang apa saja di kereta. Namanya Cinta bisa dimana saja, bahkan di kereta." - @commuter_audio

Jawaban Cinta:"Apa yang aku tunggu selain kereta di stasiun? Ya, aku menunggu kamu menyapa. Kamu harus tahu, menunggu adalah hal yang melelahkan. Tidak mungkin aku yang memulai, tetapi percayalah pasti akan aku sambut dengan senang hati. Katakan saja, "Hai!" Ribuan kata lainnya akan saling membentuk secara otomatis menjadi sebuah percakapan, antara aku dan kamu. Namanya Cinta, bisa dimana saja bahkan di kereta." - @commuter_audio

Informasi Twitter KRL CommuterLine

2020-07-13 04:57:05
@Lynducute Selamat siang, Jatinegara-Bekasi tersedia keberangkatan pukul 14:08, 14:29, 14:37, 14:46, 15:00, 15:11,… https://t.co/YNbsYhswGE

2020-07-13 04:55:07
@ichicikbum Selamat siang, Bekasi-Jakarta Kota pertama tersedia keberangkatan pukul 04:38 WIB. Tks.

2020-07-13 04:45:14
@fathurizqi97 Selamat siang, terima kasih atas apresiasi yang diberikan terkait penambahan jadwal KRL Lintas Cikara… https://t.co/yHPEknOnP5

2020-07-13 04:41:26
@Rafa66490618 Selamat siang, terima kasih atas saran yang diberikan. Perihal penambahan jadwal perjalanan KRL denga… https://t.co/rfREOJAzko

2020-07-13 04:28:45
@ashitaka_kira Selamat siang, Tanah Abang-Rangkasbitung terakhir tersedia keberangkatan pukul 21:05 WIB. Tks.

2020-07-13 04:27:29
@nadoctv Selamat Siang. Kami sampaikan Stasiun Sudimara masih melayani transaksi Tiket Harian Berjaminan (THB). Kam… https://t.co/kZ8Ggo3QBd

2020-07-13 04:22:40
@astriisye Selamat siang. Dapat kami sampaikan perihal imbauan serta protocol kesehatan di lingkup commuterline sil… https://t.co/H4fIHbDfUJ

2020-07-13 03:36:36
@gendhis_bogor @CurhatKRL Selamat siang, kami informasikan mulai 8 Juni 2020, anak-anak di bawah lima tahun (balita… https://t.co/iQtSTDPivd

2020-07-13 03:02:59
@FSchwarzeneger Selamat pagi. Berikut kami sampaikan jadwal Nambo-Angke PP, tks. https://t.co/eN35A7YlGM

2020-07-13 02:36:48
@indrasuwendi Selamat pagi, Tanah Abang-Bogor terakhir pkl. 21:26 WIB, tks.

2020-07-13 02:30:29
@frzkabrs Selamat pagi, Duri-Bogor terakhir pkl. 21:18 WIB, tks.

2020-07-13 02:22:46
@PraditaTriyani Selamat pagi, Manggarai-Bogor terakhir pkl. 21:39 WIB, tks.

2020-07-13 02:13:46
@aidil_Fp Selamat pagi, Dapat kami sampaikan sesuai postingan kami, saat ini untuk flow penumpang di Stasiun Bojong… https://t.co/QRwpIA9RDY

2020-07-13 02:09:24
@e_nugrahadi Selamat pagi, terkait kritik dan sarannya akan menjadi masukan untuk kami agar dapat meningkatkan layanan perjalanan KRL, tks.

2020-07-13 02:01:29
@pethaakilan Selamat pagi, Mulai 8 Juni 2020 anak-anak di bawah lima tahun (balita) untuk sementara dilarang naik KRL, tks.

2020-07-13 02:01:06
#RekanCommuters Pantauan saat ini di St Depok. pkl.09:00 WIB flow penumpang terpantau lancar.

2020-07-13 02:00:59
#RekanCommuters Pantauan saat ini di Stasiun Citayam pkl.09:00 WIB flow penumpang terpantau lancar.

2020-07-13 02:00:36
#RekanCommuters Pantauan saat ini di St Bojong Gede pkl.09:00 WIB flow penumpang terpantau lancar.

2020-07-13 02:00:24
#RekanCommuters Pantauan saat ini di St. Cilebut pkl.09:00 WIB flow penumpang terpantau lancar.

2020-07-13 02:00:16
#RekanCommuters Pantauan saat ini di Stasiun Bogor pkl.09:00 WIB flow penumpang terpantau lancar.


&062;